Pengertian Teknologi Komunikasi

Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi
Komunikasi adalah aktifitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pekembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan orang itu sendiri. Dibalik perkembangan komunikasi, teknologi komunikasinya pun juga mengalami perkembangan dengan pesat. Dan inilah daftar Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi.A. Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik)
Pengertian dari Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik) ini adalah sebuah teknologi komunikasi yang membutuhkan listrik untuk menggunakannya. Dan inilah Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik) dalam kehidupan sehari-hari:
1. Telepon, Telepon adalah sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Pengirim Informasinya melalui sinyal listrik, dengan menggunakan jaringan kabel. Telepon merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Asal-usul dari kata telepon sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu tele=jauh dan phone=suara. Telepon pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai era ini, teknologi yang satu ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Dibalik itu semua, ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari telepon :
i. Kelebihan :
a. pada jaringan telepon ini selalu tersambung, sehingga pengguna dapat menggunakannya setiap saat.
b. Tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak di bandingkan pergi ke WARTEL.
ii. Kekurangan :
a. Tidak dapat di bawa ke mana-mana karena membutuhkan saluran kabel.
b. Penggunanya tergantung dari jaringan yang di sediakan.
2. Radio, adalah sebuah peralatan komunikasi yang menggunakan media gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan informasi yang berupa suara. Dalam sebuah radio, terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu system pemancar, sumber suara, dan antena pemancar. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan radio:
i. Kelebihan Radio:
a. Sumber Informasi yang sangat murah,
b. Dapat menjangkau semua jaringan masyarakat,
ii. Kekurangan Radio:
a. Untuk menerima sinyal (gelombang) harus mencari tempat tertentu
b. Komunikasi Bersifat satu Arah
c. Frekuensi radio hanya bersifat lokal saja.
3. Televisi, adalah sebuah system elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog.
4. Handphone (HP)/Mobile Phone
HP adalah sebuah alat elektronik yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi (bertukar informasi) bisa berupa suara, teks, sampai gambar. HP mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak kelebihan dan kekurangan dari handphone(HP):
i. Kelebihan HP(Handphone)
a. Membutuhkan biaya yang murah, dahulu biaya yang dikeluarkan oleh HP ini sangat banyak. Tetapi, seiring kemajuan persaingan penyedia Provider HP menyebabkan murahnya biaya yang digunakan untuk bertukar informasi.
b. Memiliki banyak fasilitas lain seperti,Jaringan Internet;MP3;Video Viewer;SMS;MMS;Aplikasi; dan masih banyak lainnya,
c. Dapat digunakan dan dibawa kemana-mana sehingga lebih praktis dibandingkan telephone.
ii. Kekurangan Handphone (HP):
a. Jaringan tidak dapat digunakan disetiap tempat;
b. Mahal jika digunakan untuk/di interlokal
5. Satelit, sebuah teknologi komunikasi yang berada di luar angkasa yang bertugas menerima sinyal yang berasal dari bumi untuk dikirimkan ke tempat lain di bumi.
6. Faksimile, fungsi dari teknologi komunikasi ini adalah mengirim dan menerima informasi yang berupa tulisan/gambar. Bentuk dari facsimile ini sendiri menyerupai mesin fotokopi.
7. Telegram, telegram merupakan teknologi Komunikasi jarak jauh. Telegram berasal dari bahasa Yunani yaitu tele=jauh dan grapien=menulis. Telegam ditemukan pada tahun 1837 di Amerika Serikat yaitu Samuel F. B. Morse. Fungsi dari telegram adalah mengirim sebuah pesan yang dinyatakan dalam bentuk sandi morse.
B. Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi di Zaman Kuno
Pada awal manusia mengenal tulisan, mereka mulai memahat gambar binatang, dan manusia pada tulang; batu; taring; dan bahan-bahan lainnya.Berikut adalah beberapa Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi yang di pakai di zaman Kuno.
1. Kentongan, kentongan terbuat dari batang bamboo yang sudah cukup keras dan besar. Kentongan ini mulai hilang sedikit demi sedikit seiring dengan berkembangnya zaman. Di zaman ini, kentongan juga dimanfaatkan sebagai alat pelengkap ketika SISKAMLING.
2. Prasasti, pada zaman dahulu prasasti digunakan sebagi alat komunikasi dengan surat-menyurat dengan sederhana. Prasasti menggunakan media dari kulit bamboo, kayu, batu, kulit binatang dan lain sebagainya untuk medianya.
3. Asap, biasanya alat komunikasi yang satu ini digunakan untuk memberi tahu keberadaan seseorang/kelompok yang tidak dapat dijangkau. Tetapi pada saat zaman kuno, alat ini digunakan untuk media bertukar informasi.
Beberapa komponen yang dibutuhkan dalam komunikasi adalah pengirim, penerima, media, dan bentuk komunikasi. Keempat komponen tersebut sangat dibutuhkan untuk menjalin komunikasi yang lancar. Saat ini sudah banyak media komunikasi yang maju. Dan telah saya ulas beberapa Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi dari zaman dahulu dan sekarang.
Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau layanan. Tujuan dari disampaikannya iklan tersebut adalah mengarahkan perilaku konsument terhadap suatu penawaran komersial ataupun mempersuasi seseorang dalam melakukan sesuatu (seperti iklan politik/layanan masyarakat yang nonkomersial).
Hubungan Teknologi Komunikasi Dan Periklanan
Pengiklan Komersial seringkali mencari untuk menghasilkan peningkatan konsumsi dari mereka produk atau jasa melalui "branding," yang melibatkan pengulangan atau nama produk gambar dalam upaya untuk kualitas tertentu berasosiasi dengan merek di benak konsumen. Komersial pengiklan rokok yang menghabiskan uang untuk mengiklankan barang-barang lainnya dari produk konsumen atau jasa termasuk partai politik, kelompok kepentingan, organisasi keagamaan dan lembaga pemerintah. Nirlaba organisasi dapat mengandalkan mode bebas dari persuasi, seperti pengumuman layanan publik .
Saluran komunikasi nonpersonal menyampaikan pesan tanpa melakukan kontak atau interaksi pribadi. Tetapi dilakukan melalui media, atmosfer, dan acara. komunikasi non-pribadi dari sponsor diidentifikasi menggunakan media massa. untuk membujuk mempengaruhi penonton. Atmosfer adalah “lingkungan yang dikemas” yang menciptakan atau memperkuat kecenderungan pembeli untuk membeli produk. Jadi, kantor konsultan hukum didekorasi dengan karpet oriental dan furnitur dari kayu untuk mengkomunikasikan “kemapanan” dan “keberhasilan”. Acara adalah kejadian yang dirancang untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada pelanggan sasaran. Departemen hubungan masyarakat mengadakan konferensi pers, pesta peresmian, dan mensponsori pertandingan olah raga untuk mencapai efek komunikasi spesifik pada audiens sasaran. Media terdiri atas media cetak (koran, majalah, surat langsung), media penyiaran (radio, televisi), media elektronik (pita audio, pita video, videodisk, CD-ROM), dan media display (papan reklame, tanda reklame, poster). Sebagian besar pesan nonpersonal datang melalui media yang dibayar. Arus komunikasi dua-arah ini memiliki beberapa implikasi. Pertama, pengaruh media massa terhadap opini publik tersebut tidak selangsung, sekuat, dan seotomatis yang diperkirakan. Tetapi, melalui para permimpin opini, orang-orang yang opininya diperlukan dalam satu atau beberapa kategori produk. Para pemimpin opini lebih dekat pada media massa dibandingkan orang-orang yang mereka pengaruhi. Mereka membawa pesan kepada orang-orang yang kurang dekat pada media massa tersebut, dan mampu memperluas pengaruh media massa. Mereka mungkin membawa pesan yang diubah atau tidak sama sekali, sehingga berperan sebagai penjaga pintu gerbang. Kedua, arus komunikasi dua-arah menantang pendapat bahwa gaya konsumsi orang-orang terutama dipengaruhi oleh “efek menetes ke bawah” (trickle down effect) dari kelas status sosial yang lebih tinggi. Sebaliknya, orang-orang terutama berinteraksi dalam kelompok sosial mereka sendiri dan memperoleh gaya mereka dan ide-ide lain dari orang-orang seperti mereka sendiri yang merupakan pemimpin opini. Ketiga, komunikasi dua-arah berarti bahwa komunikator massal akan lebih efisien dengan mengarahkan pesannya secara khusus kepada para pemimpin opini dan membiarkan mereka membawa pesan tersebut kepada orang-orang lain. Jadi perusahaan farmasi mencoba mempromosikan obat -obatan barunya kepada dokter-dokter yang paling berpengaruh terlebih dahulu. Penelitian yang terakhir menunjukkan bahwa pemimpin opini dan masyarakat umum dipengaruhi oleh komunikasi massal. Pemimpin opini dipicu oleh media massa untuk menyebarkan informasi, sedangkan masyarakat umum mencari infornasi dari para pemimpin opini. Para peneliti komunikasi sedang mengarah pada pendekatan struktur-sosial dalam komunikasi antarpribadi. Mereka melihat bahwa masyarakat terdiri atas klik-klik (cliques), yaitu kelompok-kelompok sosial kecil yang para anggotanya lebih sering berinteraksi satu sama lain dibandingkan dengan orang-orang lain. Anggota klik bersama, dan keakrabannya mempermudah komunikasi yang efektif, tetapi juga mengisolasi klik tersebut dari ide baru. Tantangannya adalah menciptakan lebih banyak keterbukaan sistem yang memungkinkan klik-klik bertukar informasi dengan kelompok lain dalam masyarakat. Keterbukaan ini dibantu oleh orang-orang yang berfungsi sebagai penghubung dan penjembatan. Seorang penghubung (liaison) adalah seseorang yang menghubungkan dua klik atau lebih tanpa menjadi anggota salah satu klik itu. Seorang penjembatan (bridge) adalah seseorang yang termasuk dalam salah satu klik dan berhubungan dengan orang lain di klik lain.
hmmm oke oke bagus buat ngerjain pr
BalasHapus